TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) KECAMATAN BULULAWANG

Berikut Merupakan Tugas Pokok dan Fungsi ( TUPOKSI ) Kecamatan Bululawang

 

 

                             TUGAS DAN FUNGSI

 

                                  Bagian Kesatu

                                   Kecamatan

 

                                       Pasal 4

 

Kecamatan mempunyai tugas:

  1. menyelenggarakan Urusan Pemerintahan umum;
  2. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  3. mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  4. mengoordinasikan penerapan dan penegakan Perda dan Peraturan Bupati;
  5. mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  6. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat kecamatan;
  7. melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah Kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Perangkat Daerah Kabupaten yang ada di Kecamatan;
  8. membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa  dan kelurahan;
  9. melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan; dan
  10. melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya yang diberikan oleh Bupati.

 

 

                                            Pasal 5

 

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, Kecamatan mempunyai fungsi:

  1. pelaksanaan pengelolaan dan pengumpulan data berbentuk database serta analisa data untuk menyusun program kegiatan;
  2. perencanaan strategis di bidang perencanaan kegiatan Kecamatan;                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
  3. pelaksanaan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati;
  4. pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  5. pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  6. pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  7. pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasiltas pelayanan umum;
  8. pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan Desa dan Kelurahan;
  9. pelaksanaan kerjasama dan koordinasi dengan masyarakat, lembaga pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya;
  10. penyelenggaraan kesekretariatan Kecamatan;
  11. pengkoordinasian, integrasi dan sinkronisasi kegiatan-kegiatan lain di lingkungan Kecamatan;
  12. pelaksanaan pelayanan masyarakat yang belum dapat dilaksanakan Pemerintah Desa dan Kelurahan; dan
  13. pelaksanaan fungsi lain dan sesuai dengan bidang tugasnya yang diberikan oleh Bupati.

 

                                             Bagian Kedua

                                                  Camat

 

                                                  Pasal 6

 

Camat mempunyai tugas:

  1. memimpin Kecamatan dalam perumusan kebijakan, pengoordinasian pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum, pemberdayaan masyarakat desa, serta pelayanan publik; dan
  2. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

 

                                                 Bagian Ketiga

                                          Sekretariat Kecamatan

 

                                                       Pasal 7

 

Sekretariat Kecamatan mempunyai tugas:

  1. melaksanakan koordinasi perencanaan evaluasi dan pelaporan program kecamatan, pengelolaan urusan kepegawaian, urusan umum yang meliputi kegiatan surat menyurat, penggandaan, perlengkapan, hubungan masyarakat, urusan keuangan; dan
  2. melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya yang diberikan oleh Camat.

 

                                                     Pasal 8

 

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7, Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. merencanakan kegiatan kesekretariatan;
  2. mengelola urusan administrasi kepegawaian, kesejahteraan dan pendidikan pelatihan pegawai;
  3. mengelola urusan rumah tangga, keprotokolan dan hubungan masyarakat;
  4. menyelenggarakan kegiatan tata usaha persuratan dan penggandaan, kearsipan dan perpustakaan;
  5. menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan dan aset daerah;
  6. mengelola administrasi perlengkapan dan pemeliharaan, kebersihan dan keamanan kantor; dan
  7. mengoordinasikan perencanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan program Kecamatan.

 

                                                         Pasal 9

 

  1. Sekretariat terdiri dari:        
  1. Sub Bagian Umum, Kepegawaian, Keuangandan Aset;
  2. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan.
  1. Masing-masing Sub Bagian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada SekretarisCamat.

 

                                                          Paragraf 1

 

                     Sub Bagian Umum, Kepegawaian, Keuangan dan Aset

 

                                                          Pasal  10

 

Sub Bagian Umum, Kepegawaian, Keuangan dan Aset mempunyai tugas:

    1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum, Kepegawaian, Keuangan dan Aset;
    2. menyelenggarakan, melaksanakan dan mengelola administrasi kepegawaian, kesejahteraan pegawai dan pendidikan pelatihan pegawai;
    3. melaksanakan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan, urusan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, perjalanan dinas, keprotokolan, penyusunan rencana kebutuhan barang, peralatan dan mendistribusikan di lingkungan kecamatan;
    4. melaksanakan tata usaha barang, perawatan, penyimpanan peralatan kantor dan pendataan inventaris kantor;
    5. menyelenggarakan administrasi umum perkantoran;
  1. menginventarisasi data dan penyusunan laporan tentang barang-barang milik negara dan daerah yang berada dalam penggunaan serta tanggung jawab Pemerintah Kecamatan;
  2. melaksanakan administrasi keuangan yang meliputi pembukuan, pertanggungjawaban dan verifikasi serta penyusunan perhitungan anggaran;
  3. menyelenggarakan penyusunan laporan dan pertanggungjawaban penyelenggaraan anggaran satuan kerja;
  4. melaksanakan pengurusan biaya perpindahan pegawai dan ganti rugi gaji pegawai serta pembayaran hak-hak keuangan lainnya; dan
  5. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

 

                                                            Paragraf  2

                                Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

 

                                                            Pasal  11

 

Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas:

  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan pelaporan;
  2. melaksanakan penyiapan bahan dan melaksanakan koordinasi dalam penyusunan rencana strategis pembangunan Kecamatan tingkat Daerah;
  3. menyiapkan rumusan kebijakan program kerja dan rencana kerja kegiatan Kecamatan;
  4. menyiapkan dan menyusun bahan pengembangan kerja sama lintas sektor;
  5. menyelenggarakan sistem informasi manajemen dan pelaporan Kecamatan;
  6. melaksanakan koordinasi, sinkronisasi penyusunan rencana kegiatan tahunan pembangunan Kecamatan;
  7. melaksanakan monitoring dan koordinasi dalam rangka penyusunan bahan evaluasi dan laporan kegiatan Kecamatan;
  8. menyiapkan bahan dan sarana pertimbangan kepada pimpinan dalam rangka pengendalian dan pengembangan pembangunan bidang Kecamatan;
  9. melakukan evaluasi pelaksanaan program pembangunan di bidang Kecamatan;
  10. melakukan penyusunan laporan tahunan dan laporan lainnya; melaksanakan evaluasi keuangan terhadap hasil pelaksanaan program dan rencana strategis Kecamatan;
  11. mengkompilasikan dan penyusunan laporan hasil laporan perencanaan dan laporan akuntabilitas Kecamatan; dan
  12. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

 

                                                          Bagian Keempat

                                                      Seksi Pemerintahan

 

                                                               Pasal  12

 

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas:

  1. membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan;
  2. menyusun program dan  melakukan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum, pemerintahan Desa, Kelurahan dan administrasi keuangan Desa;
  3. membantu menyusun program dan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil;
  4. melaksanakan penghimpunan dan pengolahan bahan/data serta melaksanakan kegiatan pemerintahan;
  5. membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan pertanahan;
  6. menginventarisasi kekayaan Kecamatan, Kelurahan, Desa serta sarana dan prasarana umum;
  7. membantu menyusun program dan pembinaan di bidang pertanahan;
  8. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

 

 

                                                                      Bagian Kelima

                                                Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

 

                                                                          Pasal  13

 

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas:

  1. membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan ketentraman dan ketertiban umum;  
  2. menyusun program  dan melakukan pembinaan ketentraman dan ketertiban di Kecamatan;
  3. menyusun program dan pembinaan Polisi Pamong Praja di Kecamatan;
  4. membantu tugas-tugas Satuan Polisi Pamong Praja dibidang penegakan Perda;
  5. membantu menyelesaikan masalah-masalah ketentraman dan ketertiban di Kecamatan;
  6. melaksanakan koordinasi kegiatan sosial politik, ideologi negara  kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;
  7. melaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan dan perlindungan masyarakat;
  8. melaksanakan koordinasi dan monitoring serta membantu menyelesaikan permasalahan PBB (Pajak Bumi Bangunan);
  9. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

                                                                     Bagian Keenam

                                              Seksi Kesejahteraan Sosial  dan Kepemudaan

 

                                                                          Pasal  14

 

Seksi Kesejahteraan Sosial dan Kepemudaan mempunyai tugas:

  1. membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan kesejahteraan sosial dan kepemudaan;
  2. menghimpun dan mengolah data/bahan serta melaksanakan kegiatan pelayanan dalam bidang kesejahteraan sosial;
  3. menyusun program dan pembinaan di bidang kepemudaan yang terkait kegiatan olah raga, kepariwisataan, kesehatan masyarakat dan keluarga berencana;
  4. mengadakan pembinaan dan penyuluhan terhadap pemuda tentang wawasan kebangsaan serta peningkatan peranan pemuda terkait masalah sosial budaya, ketenagakerjaan dan kemasyarakatan;
  5. mengadakan pembinaan penyuluhan pembangunan yang berwawasan lingkungan demi masa depan dan pentingnya efektifitas dan efisiensi di dalam kehidupan sehari-hari;
  6. membantu penanganan masalah-masalah sosial dan bencana alam; dan
  7. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.  

 

                                                                         Bagian Ketujuh

                                     Seksi Ekonomi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

 

                                                                            Pasal  15

 

Seksi Ekonomi Pembangunan dan Pemberdayaan Perempuan mempunyai tugas:

  1. membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan ekonomi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  2. menyusun program dan pembinaan dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan, penghijauan dan pengendalian pencemaran lingkungan, sanitasi, drainase dan air bersih/minum;
  3. melaksanakan pembinaan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan Desa;
  4. melaksanakan pembinaan keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL);
  5. memberdayakan kelompok perempuan dalam profesi sosial dan ketrampilan guna mendukung terwujudnya suatu keluarga yang sejahtera; dan
  6. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

                                                                        Bagian Kedelapan

                                                                 Seksi  Pelayanan Publik

 

                                                                              Pasal  16

 

  1. membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan Pelayanan Publik;
  2. memberikan pelayanan administrasi umum dan kependudukan;
  3. memberikan pelayanan perizinan sesuai dengan kewenangan yang diberikan Bupati; dan
  4. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.